Me, My Self, and I :D encircling the globe with my trusty D70, one step at a time.. Been so far:France,Belgium, Netherlands, Malaysia, Singapore, Japan, Thailand, German, USA Where To Next?

Sunday, July 31, 2005

Wirausaha

essay buat lomba di LPPM :) doaain menang ya :P
----
Wirausaha
Pemicu Kreativitas dan Kemandirian
Apa itu Wirausaha? Secara umum, kewirausahaan adalah suatu aktivitas dimana seseorang atau perusahaan membuka usaha atau lapangan pekerjaan untuk menghasilkan baik jasa maupun barang. Kami sebagai remaja menggangap bahwa kewirausahaan adalah sebuah usaha untuk mencoba melepas ketergantungan akan orang lain tapi disaat yang sama usaha tersebut dapat membantu mengurangi pengangguran. Melepas disini bermaksud bebas untuk mengekspresikan dan bereksperimen dengan pemikiran kita sendiri. Ditambah lagi dengan menjadi wirausahawan, kita mendapat apa yang disebut “Financial Freedom” yang merupakan pencapaian kemandirian seseorang secara ekonomi. Selain sebagai lapangan pekerjaan, kewirausahaan merupakan suatu ajang yang akan sangat membantu membangun dan memperkuat perekonomian negara ini dengan cara memicu kreativitas rakyat bangsa ini dan para remaja pada khususnya. Dimana para generasi penerus Indonesia harus menjawab tantangan yang diberikan oleh pasar saat ini. Tantangan yang dimaksud adalah antara lain berkembangnya pola pikir masyarakat yang semakin selektif dalam memilih barang maupun jasa yang di tawarkan oleh industri. Perkembangan teknologi juga merupakan sebuah tantangan untuk menguasai pasar. Tantangan-tantangan tersebutlah yang akan memicu kreativitas dan kemandirian generasi penerus dalam dunia kewirausahaan. Dari apa yang kami jabarkan diatas, kami mencapai sebuah kesimpulan bahwa kewirausahaan adalah wadah dimana seorang wirausahawan dapat memaparkan seluruh kreativitas yang dimilikinya sehingga dapat tercapai kemandirian, baik dari segi ekonomi maupun dari sisi psikologis.
Dalam kehidupan masa kini, kegiatan wirausaha dapat menjadi lahan pekerjaan serta tempat menggali ilmu bagi remaja Indonesia. Dunia kewirausahaan dewasa ini terlihat sangat menarik, bahkan bagi para remaja.
Bagaimana remaja Indonesia dapat mendapatkan ilmu dari kegiatan wirausaha? Seringkali terdapat Anggota keluarga yang terlibat dalam dunia kewirausahaan yang kemudian menjadi inspirasi serta lahan menimba ilmu. Dengan ikut serta bekerja dan ikut turun tangan dalam kegiatan wirausaha tersebut. Walaupun tidak dapat membantu secara penuh, namun itupun sudah menjadi pelajaran yang berarti bagi remaja tersebut. Kami ingin mengatakan bahwa seringkali dunia kewirausahaan berada sangat dekat dengan kami, dan hal itulah yang membuat kami lebih mudah mendapatkan ilmu kewirausahaan. Semakin dalam kami memahami dunia kewirausahaan, semakin kami dekat kepada dunia kewirausahaan dan semakin besar pula ketertarikan kami kepada dunia tersebut.
Seperti yang kami tulis diatas, kewirausahaan dapat menumbuhkan kreativitas serta kemandirian dalam diri seseorang, dan kami ingin memiliki nilai-nilai tersebut karena nilai-nilai tersebut sangatlah penting bagi kehidupan masa depan kami.
Sedangkan faktor paling utama yang menjadi motifator kami untuk mempelajari lebih lanjut dunia kewirausahaan yaitu kami melihat dunia kewirausahaan dapat memberikan prospek masa depan yang lebih cerah, ketimbang ketika kami harus memasuki dunia pekerjaan yang semuanya telah diatur dan ditentukan.
Melihat apa yang kami tulis, menandakan kami sangat tertarik akan dunia kewirausahaan yang memiliki keuntungan dari berbagai perspektif.

Avanda Lenty Hanafiah, Aditya Randi Pratama, Renno Ademita
Tim SMA Al-Izhar E

0 Comments:

Post a Comment

<< Home